Selasa, 20 Mei 2014

Bunga Anggrek

Disini saya akan membahas tentang bunga anggrek. Bunga anggrek jarang ada yang minatuntuk menanamnya, karena menurut orang-orang cara merawat bunga anggrek itu susah.



Suku anggrek-anggrekan atau Orchidaceae merupakan satu suku tumbuhan
berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerahtropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanyaditemukan di daerah tropika. Kebanyakan anggota suku ini hidup sebagai epifit,terutama yang berasal dari daerah tropika. Anggrek di daerah beriklim sedang biasanyahidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin.Organ-organnya yang cenderung tebal dan "berdaging" (sukulen) membuatnya tahanmenghadapi tekanan ketersediaan air. Anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembap. 

Pemanfaatan
Anggrek dikenal sebagai tanaman hias populer yang dimanfaatkan bunganya. Bungaanggrek sangat indah dan variasinya hampir tidak terbatas. Anggrek biasa dijual sebagaitanaman pot maupun sebagai bunga potong. Indonesia memiliki kekayaan jenis anggrekyang sangat tinggi, terutama anggrek epifit yang hidup di pohon-pohon hutan, dariSumatera hingga Papua. Anggrek bulan adalah bunga pesona bangsa Indonesia. Anggrekjuga menjadi bunga nasional Singapura dan Thailand.Anggrek sering dipergunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahanselama berabad-abad. Bangsa Yunanimenggunakan anggrek sebagai simbol kejantanan,sementara bangsa Tiongkok pada zaman dahulu kala mempercayai bahwa anggreksebagai tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh Kaisar Tiongkok.Pada pertengahan zaman, anggrek mempunyai peran penting dalam pengembangan tehnik pengobatan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Penggunaannya pun meluas sampai menjadi bahan ramu-ramuan dan bahkan sempat dipercaya sebagai bahan baku utama pembuatan ramuan ramuan cinta pada masa tertentu. Ketika anggrek muncul dalam mimpi seseorang, hal ini dipercaya sebagai simbol representasi dari kebutuhan yang mendalam akan kelembuatan, romantisme, dan kesetiaan dalam suatu hubungan. Akhirnya, pada permulaan abad ke-18, kegiatan mengkoleksi anggrek mulai menjadi kegiatan yang banyak dilakukan di segala penjuru dunia, terutama karena keindahan tanaman ini.Vanili (Vanilla planifolia) juga merupakan anggota suku anggrek-anggrekan. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya. Untuk menghasilkan buah, vanili harus "dikawinkan" oleh manusia, karena serangga penyerbuknya tidak mampu hidup di luar daerah asalnya, meskipun sekarang usaha-usaha ke arah pemanfaatan serangga mulai dilakukan.

Jenis-jenis anggrek hias
Penyebutan jenis anggrek hias biasa disebutkan dengan nama genusnya saja karena banyak sekali hibrida antarspesies dan antargenus yang telah dibuat. Akibatnya, penamaan anggrek memiliki semacam aturan khusus yang agak "menyimpang" dari aturan penamaan botani biasa.Berikut adalah nama-nama genus anggrek hias populer :
  • Cattleya, bunganya besar dan spektakuler, namun sulit dipelihara
  • Dendrobium, tanaman hias paling populer dari antara jenis-jenis anggrek
  • Grammatophylum, anggotanya termasuk Grammatophyllum scriptum yang dikenal juga dengan nama lokal anggrek Papua raksasa
  • Oncidium, termasuk di dalamnya anggrek "golden shower"
  • Phalaenopsis], kepopulerannya mendekati Dendrobium. Anggrek bulan adalah salah satu jenisnya
  • Spathyphyllum, anggrek tanah
  • Vanda, biasanya sebagai bunga potong

Cara Merawat Anggrek

(i). Anggrek tidak membutuhkan sinar matahari penuh, hanya 20% saja. Sehingga tanaman anggrek  perlu naungan. Naungan bisa dengan paranet ataudi pohon, seperti tanaman anggrek saya yang disimpan di bawah pohon anggur yang merambat.
 (ii). Sirkulasi udara sangat dibutuhkan. Artinya hembusan angin cukup baik untuk pertumbuhan tanaman anggrek . Semakin baik sirkulasi udara dalam nursery, pertumbuhan tanaman anggrek akan semakin bagus.bahkan sebagian orang yang master tentang budidaya anggrek ada yang memasang kipas angin. Fungsi sirkulasi udara ini untuk meratakan temperatur dan kelembaban.
(iii). Penyiraman dilakukan dua kali sehari, untuk waktu penyiraman yang baik yaitu sekitar jam 07.00 ~ 09.00 dan sore harinya 16.00 ~ 18.00. Penyiraman sebaiknya langsung kearah akar dan menggunakan air yang bersih, tidak tercemar limbah kimia apalagi menggunakan air kopi panas, nanti bisa bahaya terhadap tanaman anggreknya hehehe.
(iv). Untuk  menjaga serangan hama dan penyakit, perlu dilakukan penyemprotan insektisida dan fungisida seminggu sekali. Nah untuk Penyemprotan sebaiknya dilakukan sore hari.
(v). Karena Tumbuhan juga perlu makan seperti kita – kita ini, jadi kasih deh tanaman anggrek dengan makanan dan nutrisi yaitu dengan melalui cara pemupukan yang teratur. Pupuk yang dibutuhkan adalah pupuk yang kaya akan kandungan kalsium (Ca), Phospor (P), dan Kalium (K) untuk merk dan jenis pupuknya silahkan cari sendiri di Google ya ... hehehe. Pemberian pupuk dilakukan rutin dua minggu sekali. Pemberian pupuk dengan cara pupuk dilarutkan dahulu dengan air kemudian disiramkan.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Orchidaceae
http://mangyono.blogspot.com/2014/01/cara-merawat-anggrek-agar-rajin-berbunga.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar